Perjuangan Gapyear dan Lolos STEI ITB 2019




Halo gw rico, gw gagal snm 2018,sbm 2018, um UGM 2018, dan um UNY 2018

Pertama-tama, Selamat Tahun Baru 2020 buat kita semua !

Dan saat ini gw jadi mahasiswa STEI ITB dan lagi libur semester, dan mungkin bakal cabut lagi karena gw keterima beasiswa ke luar negeri

gw pengen nyeritain kisah2 gw selama gapyear. Banyak hal2 yg gw pelajari selama gapyear tapi karena banyak mungkin segini aja dah yang gw ceritain

Sehabis pengumuman UM UNY yang menyatakan gw gak lolos di prodi manapun. gw menghabiskan hari itu dengan merenung. Merenung apa yang salah dari gw. gw yg notabenenya juara kelas di SMA malah belum mendapatkan univ sedangkan temen gw yg nilainya dibawah gw malah dapet snm. Sebenernya gw bisa aja daftar univ swasta biar bisa kuliah tapi keuangan keluarga gw yg kurang sedangkan uang sekolah aja gw belum sempat bayar . hal itu yang mengurungkan diri gw buat daftar tes masuk univ swasta. Akhirnya gw pun mengambil keputusan yang gw ga pernah sangka gw bakal ambil. gw memutuskan gapyear.

Beberapa hari sesudah pengumuman itu gw merasa down banget sampai gw menonton  video salah satu channel youtube yang sekarang udah terkenal banget yaitu Nihongo Mantappu. Waktu itu  subscribernya masih 20rban dan belum seterkenal seperti sekarang. gw merasa terhibur dengan menonton video belajar Bahasa jepangnya sama video motivasi buat yg gagal sbmptn. Video itu membuat gw berpikir kalo gagal masuk univ tahun ini bukanlah sebuah akhir tapi itu sebagai penanda permulaan perjuangan gw.

Bulan Agustus 2018, gw memulai masa gapyear gw. gw mulai mencari-cari info tentang bimbel2 online yang murah tetapi bagus. Mulailah gw mencoba try out dari cerebrum, zeniora, dr ganesha,dll. Gw bahkan membeli buku jurnal yang besar buat nulis semua soal tryout sama nulis pembahasannya. Gw ngelakuin itu sampai dekat utbk. Gw juga belajar Bahasa jepang sembari belajar sbmptn untuk mengisi kegabutan gw selama gap year. Jadwal gw saat itu paginya jogging, siangnya belajar Bahasa jepang, sore dan malamnya menyalin soal tryout dan mencoba mengerjakannya.  

Di tengah masa2 gapyear itu, gw sempat mengalami musibah. Gw terkena musibah gempa bumi di Palu pada akhir September 2018 lalu. Saat itu gw lagi nyantai2 nonton video youtube sehabis ngerjain soal tryout. Tiba2 ada goncangan kuat dari tanah dan gw langsung lari ke luar rumah menjauhi bangunan. Puji Tuhan, keluarga gw selamat dan rumah gw ngga roboh walaupun terlihat sedikit retakan di tanah dan  dalam rumah gw berantakan semua. Kira2 seminggu kami bertahan di Palu dan kemudian kami mengungsi ke Semarang dimana ada kakak gw yg tinggal di sana. Di sana w tetap ngelanjutin belajar buat sbmptn dan bahsa jepang. Kami tinggal sebulan di sana. Gw balik ke Palu lagi tanggal 10 November 2018. Situasi di Palu udah cukup pulih dan kondusif. Besoknya ortu gw pergi ke manado untuk menghadiri wisuda kakak gw sedangkan gw gak ikut. Alhasil gw tinggal di Palu sendirian selama 5 hari. DI saat itu juga gw akhirnya bisa naik dan mengendarai motor tanpa takut lagi wkwkwk. Gw juga mulai mencari info2 beasiswa full ke luar negeri seperti beasiswa mitsui sama monbukagakusho. Nanti gw ceritain lebih banyak lagi tentang pengalaman gw mengikuti seleksi kedua beasiswa itu.  

Masuk ke tahun 2019, gw mulai belajar lebih intensif lagi buat sbmptn dan gw ngikut try out intensif dari dr ganesha . game2 di hp gw hapus biar gw ngga tergoda buat main lagi. Gw juga mulai mencoba menulis diary dalam Bahasa inggris sekaligus latihan. Maret 2019, pendaftaran UTBK telah dibuka dan gw mengambil tanggal ujian 27 april sama 25 mei.

Ketika gw ikut utbk gelombang 1, gw lagi sakit sehingga ngerjainnya kurang maksimal. DItambah lagi, system ujiannya yang berbeda dari tahun2 sebelumnya dimana kita hanya boleh ngerjain satu bagian per sesi dan waktunya Cuma dikit. Alhasil, gw banyak nembak di matematika, fisika, kimia, biologi karena panik. Padahal , setelah gw ingat2 lagi soalnya ternyata cukup gampang dikerjain. Tibalah pengumuman hasil ujian utbk gelombang 1  dan gw mendapat nilai rata2 619. Cukup kecil untuk masuk jurusan yang gw mau di univ2 besar indo karena gw melihat hasil rasionalisasi dimana nilai2 anak lain pada diatas 650an semua. Sadar atas banyak kesalahan yg gw buat pas utbk gelombang 1. Gw belajar lebih intensif lagi sama join grup belajar dimana kita membahas soal2 yang mirip dengan soal utbk. Grup belajar itu juga salah satu factor yang membuat gw bisa lebih siap ketika mengikuti ujian utbk gelombang II. Ketika masa2 utbk gelombang 2 dimulai dan udah ada pengumuman nilainya, banyak yg bilang bahwa nilai mereka justru turun dibanding nilai utbk yg pertama. Hal itu membuat gw takut lantaran nilai gw yg utbk pertama aja udah rendah, apalagi yg kedua kalau dia turun.

25 mei, gw mengikuti ujian utbk gelombang II, Puji Tuhan kali ini gw udah gak sering nembak lagi dan lebih tenang saat mengerjakan ujian. Gw yakin nilai gw seharusnya bisa lebih tinggi dibanding nilai utbk gelombang I . Tiba juga pengumuman nilai ujian gelombang II, kali ini gw ga nyangka naiknya drastic banget. Nilai rata2 yg gw dapet adalah 709. Padahal banyak yg lain turun. Nilai rata2 yg gw dapet pas ujian gelombang II masih termasuk yg lolos di rasionalisasi sehingga ketika pendaftaran sbmptn dibuka gw memutuskan untuk tetep mendaftar STEI sebagai pilihan pertama dan Ilmu Komputer UGM sebagai pilihan kedua. Sehabis mendaftar sbmptn, yg tinggal gw lakukan adalah menunggu pengumuman sbmptn dan monbukagakusho.

Ga kerasa udah tanggal 9 Juli, pengumuman hasil sbmptn. Dari pagi gw udah deg2an nunggu pengumumannya karena banyak kabar kalau pengumuman sbmptn bakal dipercepat. Eh malah dimundur2 terus sampai akhirnya jam 5 sore web pengumuman sbmptn udah bisa dibuka. gw berharap semoga ga ada tulisan yang sama kayak tahun lalu lagi. Gw mulai mengisi no registrasi sbmptn dan tanggal lahir gw. LALU, SETELAH ITUUUU…….

JENG JENGGGGGGGG

Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN LTMPT 2019 di PTN :

332 – INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Program Studi :

3321073 – SEKOLAH TEK. ELEKTRO & INDORMATIKA

AAAAAAAAAAAA

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

AKHIRNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

Masih ga nyangka gw bisa lolos…

Perjuangan gw gap year akhirnya membuahkan hasil

Jadi, bagi kalian yang saat ini lagi gapyear janganlah berkecil hati. Tuhan pasti telah menyediakan jalan terbaik bagi kita. Mungkin sekarang belum keliatan hasil perjuangan yang kalian lakukan saat ini. Tetapi percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil.  


Komentar

  1. Skor UTBK per subtest brpa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm dah lupa sih soalnya filenya udah kulupa taruh dimana wkwkwk
      tapi yang ngecarry nilaiku itu nilai tps

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Ujian Tulis Beasiswa MEXT Undergraduate S1, D3, dan D2 (2006-2016)

Monbukagakusho 2020 : Pengalaman Mengikuti Seleksi Beasiswa Undergraduate MEXT/Monbukagakusho 2020