Sedikit Cerita tentang Sekolahku SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon


Hasil gambar untuk sma lokon

Halo! Kali ini, saya akan menceritakan(walaupun lebih tepatnya mempromosikan hehe) tentang sekolah saya. 



SMA Lokon St.Nikolaus

Bagi orang di luar Sulawesi Utara tentu asing mendengar sekolah ini bukan? wajar saja, tempatnya aja di daerah pinggir kota bahkan bisa dibilang pedesaan. Tapi jangan salah, sekolah ini sangat terkenal di seantero Sulut karena prestasi dari para siswanya dari bidang olahraga, pendidikan,dll. Bahkan, umur sekolah ini tergolong cukup muda gan, di tahun ini baru mau menginjak usia 15 tahun tetapi telah banyak prestasi yang ditorehkan dari sekolah ini. 

Dikenal dengan nama SMULOK atau SMA Lokon. SMA Lokon St. NIkolaus beralamat di Jl. Perlombaan No. 99, Kakaskasen II, Kakaskasen Tiga, Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara 94516, Indonesia. SMA Lokon mewajibkan para siswanya untuk tinggal di asrama yang juga terletak di dekat sekolah tersebut. 


Sejarah

SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon berdiri atas prakarsa dari suatu keluarga yang merasa terpanggil untuk mengabdikan diri pada pendidikan Indonesia. Keluarga Ronald Korompis-Wewengkang, melalui Yayasan Pendidikan “Lokon” terus menopang dan menyelenggarakan SMA Lokon St. Nikolaus mulai dari pertama kali beroperasinya sampai saat ini mampu menjadi salah satu sekolah unggulan di Indonesia. SMA Lokon St. Nikolaus memperoleh izin operasionalnya pada bulan Desember 2001, dan mulai beroperasi pada tanggal 12 Juli 2002 (tahun pelajaran 2002/2003). Institusi pendidikan ini terletak di dataran tinggi yang sejuk di kaki gunung Lokon Kakaskasen, Kota Tomohon

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan di SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon adalah Kurikulum Pendidikan Nasional dalam bentuk Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dikembangkan lebih lanjut dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan penguatan kekhasan sekolah berasrama Lokon yang disebut Kurikulum Berbasis Kehidupan. Penyelenggaraan kurikulum ini sudah mulai dijalankan sejak sekolah ini pertama kali beroperasi.

Fasilitas 
Salah satu aspek keunggulan yang dimiliki oleh SMA Lokon St. Nikolaus adalah terletak pada fasilitasnya, antara lain :
  • Fasilitas ruang kelas yang nyaman;laboratorium Fisika,Kimia,Biologi,Bahasa dan Komputer serta Multimedia
  • Perpustakaan tiga lantai, miniteatrer, ruang audiovisual, e-learning center.
  • Lapangan sepak bola, basket, voli, bulu tangkis, arena olahraga kolam renang dan fasilitas alat olahraga lengkap dan indoor sporthall yang megah.
  • Koneksi internet dengan fiber-optic sebagai penopang cyber-school.
  • Mt. Lokon observatory dengan teleskop-teleskop modern digital.
  • Asrama Putra dan Putri, perumahan Guru dan Staf
  • Fasilitas ruang makan, dapur, mesin cuci
  • Klinik Kesehatan
  • Keamanan
Sebagai tambahan, Yayasan Pendidikan Lokon atau disingkat YPL saat ini membangun sporthall kedua dan juga Kapel(tempat ibadah seperti Gereja tetapi lebih kecil dari itu)

Asrama
SMA Lokon St. Nikolaus mewajibkan semua siswanya untuk tinggal di asrama. Asrama SMA Lokon St. Nikolaus memiliki 4 buah gedung Asrama 2 lantai. Setiap gedung memiliki kurang lebih 24 kamar tidur,2 buah ruang studi, sebuah ruang untuk para pamong/penjaga asrama, sebuah klinik/ruang orang sakit, 4 buah ruang makan, WC dan kamar mandi yang lengkap dan bersih. Setiap siswa dibagi atas putra dan putri untuk tinggal di asrama. Pembinaan karakter siswa yang disiplin, toleran dan memiliki kemampuan spiritual unggul menjadi fokus pengembangan siswa di asrama. Keamanan dan kenyamanan siswa terlebih dalam belajar menjadi prioritas utama dalam sistem kerja asrama merupakan aspek penopang yang ditata dengan disiplin sambil memperhatikan karakter dan kekhasan tiap siswa. Untuk mewujudkannya, setiap gedung asrama memiliki 4 orang pamong/penjaga asrama pada setiap shift kerjanya dan ditopang oleh para guru dan tenaga kependidikan yang memberikan program khusus sesuai tingkat perkembangan akademik setiap siswa.

 Berkas:Asrama.jpg 
Asrama Putri 1(dihuni oleh siswi kelas 11 & 12)
Asrama Putri 2(dihuni oleh siswi kelas 10 & 11)
Asrama Putra tampak depan(dihuni semua siswa pria)
 Asrama Putra tampak dari dalam (dihuni oleh seluruh siswa pria)

SMA Lokon memiliki tradisi "Senioritas" yang berarti untuk menghormati Lebih tua dan diterapkannya 5S(Senyum,Salam,Sapa,Sopan,Santun). Semua siswa di SMA Lokon wajib untuk memberi salam pada orang yang lebih tua dan juga membalas salam yang diberikan. Karena diharuskan untuk bertempat tinggal diasrama, siswa SMA Lokon dilatih untuk hidup mandiri, pandai mengatur waktu, dan juga dilatih untuk menjadi pemimpin. Banyak contoh untuk melatih kepemimpinan di sekolah ini seperti menjadi pemimpin ibadah,protokol, dll.

Saat ini, OSIS SMA Lokon dipegang oleh angkatan ke-14 yang dikenal dengan nama angkatan "Forte"(btw, ini angkatan saya). Berikut ini adalah orang-orang yang menjabat 8 inti Osis di SMA Lokon saat ini

Ketua OSIS           : Patricia Rambing
Wakil Ketua 1       : Rachel Mewengkang
Wakil Ketua 2       : Erika Umbas
Sekretaris              : Rivaldo Paat
Wakil Sekretaris    : Inda Imbang
Bendahara              : Erica Hernanso
Wakil Bendahara    : Patricia Moga
Pembantu Umum   : Melinus Magal

Saya sendiri tergabung dalam OSIS SMA Lokon dan menjabat sebagai Koordinator dari Sekbid 9 Seksi Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

Menurut saya, banyak sekali pengalaman berharga sekaligus menyenangkan yang didapatkan dari sini. Mulai dari melatih kekompakan angkatan, melaksanakan event-event sekolah,dll. Lewat sekolah ini juga, saya dituntut untuk meninggalkan sifat-sifat buruk saya yang egois dan diajarkan untuk saling mengerti satu sama lain. 

So, bagi adik-adik kelas 3 SMP yang kini mencari SMA impiannya. Buruan daftar dan menjadi salah satu keluarga di SMA Lokon. Sekolah dimana kekompakan,kepemimpinan,kemandirian ditempa agar kelak kalian di masa depan bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses

The End.


































Komentar

  1. Well done, sukses selalu tetap semangat jangan pernah kenal putus asa...!

    BalasHapus
  2. Kak,mau tanya dong tentang biaya2 sma lokon,spp dsb

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Ujian Tulis Beasiswa MEXT Undergraduate S1, D3, dan D2 (2006-2016)

Monbukagakusho 2020 : Pengalaman Mengikuti Seleksi Beasiswa Undergraduate MEXT/Monbukagakusho 2020